Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hampir setiap tahun dunia dihebohkan oleh munculnya penyakit-penyakit baru akibat virus, antara lain

Hampir setiap tahun dunia dihebohkan oleh munculnya penyakit-penyakit baru akibat virus, antara lain SARS, MERS, dan Covid-19. Apakah penyakit tersebut benar-benar disebabkan oleh virus jenis baru? Jelaskan mekanisme munculnya penyakit-penyakit tersebut.

Jawab:

Penyakit SARS, MERS, dan Covid-19 disebabkan oleh virus dalam kelompok yang sama yaitu virus Corona. SARS disebabkan oleh virus SARS-CoV, MERS disebabkan oleh MERS-CoV, dan Covid-19 disebabkan oleh SARS-CoV-2. 

Diduga virus-virus tersebut berasal dari virus yang sama. Kemudian seiring berjalannya waktu dan isolasi geografis, virus tersebut bermutasi sehingga membentuk virus yang beragam dan menyebabkan penyakit yang berbeda.

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh virus yang telah bermutasi yang sebelumnya hanya menyerang hewan sebagai sel inangnya. Penularan melalui percikan dahak (droplet) atau kontak langsung dengan penderita. Gejala penyakit yang ditimbulkan pun serupa, yaitu sama-sama menyebabkan penyakit pernapasan karena menyerang saluran pernapasan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Hampir setiap tahun dunia dihebohkan oleh munculnya penyakit-penyakit baru akibat virus, antara lain"