Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diketahui data angka 9, 8, 11, 4, 5, 12, dan 13. Pada proses pengurutan diambil angka 9 sebagai angka

Diketahui data angka 9, 8, 11, 4, 5, 12, dan 13. Pada proses pengurutan diambil angka 9 sebagai angka pembanding. Semua angka yang lebih kecil dari 9 ditempatkan di sebelah kiri dan yang lebih besar dari 9 ditempatkan di sebelah kanan, sehingga susunan data menjadi 8, 4, 5, 9 11, 12, dan 13. Selanjutnya, diambil angka 8 sebagai pembanding dan semua yang lebih kecil dari 8 ditempatkan di sebelah kiri dan yang lebih besar dari 8 ditempatkan di sebelah kanan. Setelah diurutkan, urutan data menjadi 4, 5, 8, 9, 11, 12, dan 13. Algoritme pengurutan yang digunakan pada proses ini adalah algoritme....

     A. pilihan

     B. penyisipan

     C. gelembung

     D. penggabungan

     E. pengurutan cepat

Pembahasan:

Proses pengurutan yang dijelaskan dalam pertanyaan menggunakan algoritme penyisipan.

Dalam algoritme penyisipan (insertion sort), data dipisahkan menjadi dua bagian: bagian yang sudah diurutkan dan bagian yang belum diurutkan.

Data dari bagian yang belum diurutkan kemudian dimasukkan ke posisi yang sesuai dalam bagian yang sudah diurutkan sehingga seluruh data menjadi terurut secara berangsur-angsur.

Jawaban: B

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Diketahui data angka 9, 8, 11, 4, 5, 12, dan 13. Pada proses pengurutan diambil angka 9 sebagai angka"