Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati teks berikut. Hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Idul adha di Indonesia pada umumnya

Cermati teks berikut.

Hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Idul adha di Indonesia pada umumnya adalah sapi, kambing, atau domba. Namun berbeda di Kabupaten Kudus, hewan kurban sapi diganti dengan kerbau. 

Sejarawan Kudus, Edi Supratno mengungkapkan sejarah di balik masyarakat Kudus yang tidak menyembelih sapi tersebut. 

“Setahu saya, kebiasaan tidak memotong sapi di Kudus merujuk kepada sikap Sunan Kudus menghormati penduduk Kudus era itu (zaman Sunan Kudus)," kata Edi Supratno saat dihubungi detikcom, Senin (22/6/2020).

Edi menjelaskan, tradisi tidak menyembelih sapi saat Iduladha di Kudus berawal saat Ja'far Shadiq atau Sunan Kudus datang ke Kudus pada abad ke-16. Mayoritas penduduk Kudus saat itu memeluk agama Hindu.

 Sebagai bentuk menghormati orang Hindu pada zaman itu, Sunan Kudus tidak menyembelih sapi. Karena hewan sapi merupakan hewan suci bagi umat Hindu.....

Jelaskan saluran penyebaran Islam berdasarkan teks di atas. Tuliskan juga contoh lainnya.

Jawab:

Melalui akulturasi, contohnya dapat kita lihat dari Menara Masjid Kudus. Menara Masjid Kudus berbentuk seperti candi langgam di Jawa Timur, namun beratap tumpang.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Cermati teks berikut. Hewan kurban yang disembelih saat Hari Raya Idul adha di Indonesia pada umumnya"