Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan yang sesuai dengan teks informasi tersebut. Nyamuk penyebar virus dengue

 Demam Berdarah

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2020, kasus demam berdarah di seluruh Indonesia cukup tinggi, yaitu terdapat 95.893 kasus dengan angka kematian 881 kasus. Demam berdarah pada umumnya menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun, tetapi bisa juga diderita orang dewasa. Gejala demam berdarah, antara lain sakit kepala, demam tinggi, lelah, hilang nafsu makan, mual, muntah, ruam kemerahan pada kulit, nyeri di bagian belakang mata, nyen otot, mimisan, gusi berdarah, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini dapat mengakibatkan sindrom syok dengue dengan risiko perdarahan yang serius, rendahnya jumlah trombosit, dan tekanan darah rendah yang berbahaya.

Demam berdarah dapat dibedakan dua jenis, yaitu demam dengue (Dengue Fever) dan demam berdarah dengue (Dengue Hemorrhagic Fever) Demam berdarah dengue (DBD) ditandai dengan adanya kebocoran pembuluh darah, sedangkan pada demam dengue bdak terjadi kebocoran pembuluh darah.

.....

Berilah tanda centang () pada pernyataan yang sesuai dengan teks informasi tersebut. Nyamuk penyebar virus dengue tidak dapat hidup di habitat air jernih.

¨ Telur, larva, dan jentik-jentik nyamuk di dalam penampungan air dapat dimatikan melalui pengurasan.

¨ Demam berdarah hanya menyerang anak-anak dengan imunitas yang lemah.

¨ Penyebar virus dengue paling banyak adalah nyamuk Aedes sp. yang berjenis kelamin betina. 

¨ Nyamuk Aedes sp. menggigit manusia hanya di waktu siang hari.

Jawab:

Pernyataan 1 (salah). Nyamuk penyebar virus dengue dapat hidup di habitat air jernih, seperti tepat penampungan air dan kolam renang.

Pernyataan 2 (benar). Telur, larva, dan jentik-jentik nyamuk di dalam penampungan air dapat dimatikan melalui pengurasan tempat penampungan air.

Pernyataan 3 (salah). Demam berdarah tidak hanya menyerang anak-anak dengan imunitas yang lemah. Umumnya menyerang anak-anak berusia di bawah 15 tahun, tetapi juga dapat menyerang orang dewasa. 

Pernyataan 4 (benar). Penyebar virus dengue paling banyak adalah nyamuk Aedes sp. yang berjenis kelamin betina.

Pernyataan 5 (salah). Nyamuk Aedes sp. aktif mencari makanan sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Namun bisa juga menggigit pada malam hari di tempat yang terang.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berilah tanda centang (✔) pada pernyataan yang sesuai dengan teks informasi tersebut. Nyamuk penyebar virus dengue "