Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri terhadap kehidupan

Ancaman Bahaya Merkuri di Indonesia

Tahukah Anda kasus penyakit minamata yang terjadi pada tahun 1950-an di Teluk Minamata pesisir laut Shiranui, Jepang? Penyakit minamata adalah gangguan pada sistem saraf pusat dengan gejala berkurangnya fungsi indra sensorik (perasa, peraba, pendengaran, dan penciuman), gemetar (tremor), gangguan ingatan, gangguan kendali dan koordinasi pada otot, bergerak dan berbicara seperti orang dengan gangguan jiwa, kesulitan berjalan, kelumpuhan, koma, dan kematian. Pada ibu hamil, penyakit minamata dapat merusak otak janin, menyebabkan mikrosefalus, keterbelakangan mental, tuli, dan kebutaan. Penyakit tersebut disebabkan oleh konsumsi ikan, udang, dan kerang yang terkontaminasi merkuri (Hg, hydrargyrum). Kondisi tersebut disebabkan oleh pelepasan limbah metil merkuri berjumlah besar oleh sebuah pabrik kimia ke teluk Minamata yang berlangsung selama 36 tahun sehingga terakumulasi limbah merkuri seberat 27 ton. Merkuri terkandung dalam air di sekitar teluk Minamata dan meracuni tumbuhan, ikan, udang, kerang, dan manusia melalui rantai makanan. Pemerintah Jepang mencatat sekitar 1.784 orang meninggal dan puluhan ribu lainnya menderita gejala berat akibat penyakit minamata. 

....

Berilah tanda centang () pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri terhadap kehidupan.

Jawab:

Pernyataan a (salah). Jika plankton, zooplankton, lele, dan ikan cere (gupi) membentuk rantai makanan di dalam sungai yang tercemar merkuri, akumulasi Hg tertinggi ditemukan di tubuh ikan lele. Hal tersebut dikarenakan ikan lele menempati trofik tertinggi dalam rantai makanan di sungai tersebut.

Pernyataan b (salah). Pada ibu hamil, penyakit minamata dapat merusak otak janin dan menyebabkan mikrosefalus.

Pernyataan c (benar). Pada kasus di Minamata, kandungan merkuri pada tubuh laki-laki (2,55 mikrogram/gram) lebih tinggi dibandingkan perempuan (1,43 mikrogram/gram).

Pernyataan d (benar). Di antara organisme yang hidup di perairan tercemar merkuri, kandungan Hg dengan kadar terendah ditemukan pada produsen (trofik terendah).

Pernyataan e (salah). Pada kasus di Minamata dan empat daerah sekitarnya, kadar merkuri rata-rata pada tubuh laki-laki sebesar 2,55 mikrogram/gram dan pada perempuan sebesar 1,43 mikrogram/gram.

JawabanE

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri terhadap kehidupan"