Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa faktor yang membuat Kesultanan Samudra Pasai dan Aceh mencapai kejayaannya? Apa pula faktor

Apa faktor yang membuat Kesultanan Samudra Pasai dan Aceh mencapai kejayaannya? Apa pula faktor yang membuat kedua Kesultanan runtuh?

Jawab:

1)    Kesultanan Pasai

  • Kejayaan: Faktornya: Selama masa pemerintahan Muhammad Malik az-Zahir (bertakhta 1292–1326), Pasai telah memiliki hubungan dagang dengan Tiongkok, Gujarat, dan Benggala, dengan komoditas utama perdagangan lada, kapur barus, dan emas. Untuk kepentingan perdagangan, sudah dikenal mata uang emas yang disebut deureuham (dirham). Selain dengan negara-negara di luar Nusantara, Pasai menjalin hubungan dengan pedagang-pedagang Nusantara (Jawa), pedagang-pedagang tersebut diberi keistimewaan oleh kesultanan, yakni bebas pajak. Para saudagar Jawa umumnya menukar beras dengan lada. 
  • Keruntuhan: FaktornyaPada awal abad XVI, terjadi beberapa pemberontakan internal di Pasai yang mengakibatkan perang saudara. Diceritakan, sultan Pasai meminta bantuan Malaka untuk meredam pergolakan itu. Pasai sendiri akhirnya runtuh setelah ditaklukkan bangsa Portugis tahun 1521 yang sebelumnya telah menaklukkan Malaka tahun 1511. Pada 1524, wilayah Pasai menjadi bagian dari Kesultanan Aceh. Sejak saat itulah, riwayat Pasai berakhir.

2)    Kesultanan Aceh

  • Kejayaan: FaktornyaAceh berkembang pesat ketika Pasai berada di ambang keruntuhan (sejak diserang Majapahit sekitar tahun 1350) dan Malaka jatuh ke tangan Portugis. Hal itu karena jatuhnya Malaka dan surutnya pengaruh Pasai membuat kapal-kapal yang lewat di perairan Selat Malaka singgah di pelabuhan Aceh. Pada tahun 1524, Pasai menjadi bagian dari Kesultanan Aceh. Kebesaran kesultanan ini tampak nyata dalam perlawanannya yang berani dan heroik tidak saja terhadap bangsa Portugis, tetapi juga terhadap penjajah Belanda.
  • Keruntuhan: FaktornyaMakin menguatnya kekuasaan Belanda di Pulau Sumatra dan Selat Malaka (ditandai jatuhnya Minangkabau, Siak, Tapanuli dan Mandailing, Deli, serta Bengkulu ke tangan Belanda). Faktor lainnya adalah adanya perebutan kekuasaan, terutama antara golongan bangsawan (teuku) dan golongan ulama (tengku). Di antara para ulama sendiri pun terjadi pertikaian karena perbedaan aliran dalam agama Islam (aliran Syi’ah dan Sunni).

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Apa faktor yang membuat Kesultanan Samudra Pasai dan Aceh mencapai kejayaannya? Apa pula faktor"