Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akibat Produksi Turun, Harga Bawang Merah Naik

Akibat Produksi Turun, Harga Bawang Merah Naik

Harga bawang merah merangkak naik dalam sepekan ini. Pada minggu lalu, harga bawang merah masih dibanderol Rp46.2000,00 per kilogram. Namun, sepekan ini harga melonjak menjadi Rp48.850,00 per kilogram. Bahkan, dalam sebulan ini harga bawang merah telah naik 18%.

Dari sisi distribusi, jumlah bawang merah yang dikirim ke Jakarta juga terjadi penurunan. Bawang merah yang dikirim dari Brebes ke Jakarta turun menjadi 25 truk per hari dari sebelumnya 30 truk per hart. Jumlah ini berkurang 16 persen. Turunnya distribusi bawang merah ini efek dari pasokan bawang merah yang berkurang. Berkurangnya pasokan bawang merah adalah akibat dari turunnya produksi bawang merah di sentra produksi bawang merah di Brebes, Jawa Tengah. Tingkat penurunan produksi bawang merah di Brebes mencapai 10 persen.

Apa penyebab turunnya produksi bawang merah di Brebes? Berdasarkan informasi dari sebuah lembaga, penurunan produksi akibat beberapa sebab. Pertama, terjadi kegagalan panen akibat banjir. Kedua, adanya kerusakan dari stok panen sebelumnya. Ketiga, terjadi serangan hama pada tanaman bawang merah. Kejadian-kejadian tersebut menyebabkan produksi bawang merah turun dan distribusi bawang merah berkurang. Akibatnya, terjadi penipisan stok di lapangan dan harga bawang merah pun meningkat.

Informasi dari pihak Kementerian Pertanian menyatakan dalam waktu dekat ada potensi panen raya bawang merah di sentra produksi lain, seperti di Nganjuk, Bima, dan Enrekang. Panen raya ini bawang merah ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pasokan bawang merah. Efeknya diharapkan harga bawang merah dapat turun dan mendekati tingkat harga acuan, yaitu Rp32.000,00 per kilogram.

 

Soal 1

Berdasarkan wacana tersebut, beri tanda centang () pada beberapa pernyataan yang sesuai dengan wacana.

       (A) Dalam sepekan, harga bawang merah tercatat melonjak hingga 6 persen.

       (B) Distribusi bawang merah ke Jakarta menjadi penyebab naiknya harga bawang merah di Jakarta.

       (C) Turunnya produksi bawang merah di Brebes menjadi sebab berkurangnya pasokan bawang merah ke Jakarta.

       (D) Salah satu penyebab turunnya produksi bawang merah di Brebes adalah bencana kekeringan.

       (E) Tingginya harga bawang merah diperkirakan akan terjadi dalam waktu lama.

Pembahasan:

Yang benar adalah (C) Turunnya produksi bawang merah di Brebes menjadi sebab berkurangnya pasokan bawang merah ke Jakarta. (√)

 

Soal 2

Mengapa penurunan produksi bawang merah mengakibatkan harga bawang merah naik?

Jawab:

Pertama, terjadi kegagalan panen akibat banjir. Kedua, adanya kerusakan dari stok panen sebelumnya. Ketiga, terjadi serangan hama pada tanaman bawang merah. Kejadian-kejadian tersebut menyebabkan produksi bawang merah turun dan distribusi bawang merah berkurang. Akibatnya, terjadi penipisan stok di lapangan dan harga bawang merah pun meningkat.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Akibat Produksi Turun, Harga Bawang Merah Naik"