Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fintech merupakan salah satu inovasi jasa industri keuangan yang memanfaatkan teknologi. Keberadaan

Yuk Mengenal Fintech! Keuangan Digital yang Tengah Naik Daun

Era digital saat ini diwarnai dengan munculnya perusahaan-perusahaan baru yang memanfaatkan perkembangan teknologi. Perusahaan-perusahaan baru itu disebut dengan perusahaan rintisan atau start-up. Jenis start-up dibedakan menjadi dua, yaitu e-commerce dan financial technology (fintech). E-commerce merupakan perusahaan yang menyediakan platform jual beli online, sementara fintech merupakan singkatan dari financial technology, adalah sebuah inovasi pada jasa industri keuangan yang memanfaatkan penggunaan teknologi. Produk fintech biasanya berupa suatu sistem yang dibangun guna menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik. Sederhananya fintech merupakan kombinasi antara transaksi keuangan dan penerapan teknologi. Berdasarkan pengertian fintech, dapat kita simpulkan bahwa fintech mencakup keseluruhan transaksi keuangan yang proses transaksinya lebih mudah dan efisien dengan bantuan teknologi.

Salah satu kelebihan yang paling menonjol pada fintech adalah kemudahan pelayanan kepada konsumennya. Konsumen juga mendapat keuntungan memperoleh layanan lebih mudah, misalnya transaksi pembayaran yang dapat dilakukan secara online dengan smartphone. Namun, fintech juga memiliki kekurangan. Untuk merasakan layanan dari perusahaan financial technology, juga harus memiliki pengetahuan tentang penggunaan internet. Sementara pelaku bisnis maupun individu yang belum melek internet akan sulit mengakses pelayanan keuangan dari fintech. Selain itu, banyaknya fintech ilegal memungkinkan terjadi penipuan.

Fintech merupakan salah satu inovasi jasa industri keuangan yang memanfaatkan teknologi. Keberadaan fintech saat ini berkembang pesat. Produk jasa fintech tidak jauh berbeda dengan bank. Jenis kegiatan usaha yang dilakukan oleh fintech adalah …. (Jawaban lebih dari satu)

    A.   praktik pinjam-meminjam uang secara online

    B.    menghimpun dana dari masyarakat

    C.    pembayaran transaksi dalam e-commerce

    D.   penjualan produk investasi

    E.    teknologi pembayaran berbasis online

Pembahasan:

Jenis kegiatan usaha yang dilakukan oleh fintech adalah:

    A.   praktik pinjam-meminjam uang secara online

    C.    pembayaran transaksi dalam e-commerce

    E.    teknologi pembayaran berbasis online

Jawaban: A, C, dan E

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Fintech merupakan salah satu inovasi jasa industri keuangan yang memanfaatkan teknologi. Keberadaan"