Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keadaan ekonomi yang sangat sulit pada awal kemerdekaan semakin diperburuk dengan adanya blokade

Keadaan ekonomi yang sangat sulit pada awal kemerdekaan semakin diperburuk dengan adanya blokade ekonorti yang dilakukan Belanda. Terangkan usaha-usaha yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menembus blokade ekonomi Belanda!

Jawab:

Berikut usaha-usaha yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menembus blokade ekonomi Belanda.

a. Usaha yang bersifat politis.

    Indonesia mengirimkan bantuan beras sebanyak 500.000 ton dengan harga yang sangat murah pada India. Sebagai imbalannya, India mengirimkan bahan pakaian yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia. Usaha pemerintah ini berhasil, India menjadi negara Asia pertama yang paling aktif membantu Indonesia dalam perjuangan diplomatik di forum internasional.

b. Usaha yang bersifat ekonomis.

    Pemerintah Indonesia mengadakan hubungan langsung dengan luar negeri, usaha ini dirintis oleh Banking and Tranding Corporation (BTC). BTC berhasil melakukan kontak dengan perusahaan swasta Amerika Serikat (Isbrabsten Inc.) yang bersedia membeli barang ekspor Indonesia. Pemerintah Indonesia juga membentuk perwakilan resmi di Singapura yang diberi nama Indonesia Office (Indoff). Indoff secara resmi memperjuangkan kepentingan politik luar negeri Indonesia, sedangkan secara rahasia, Indoff mengendalikan kegiatan penembusan blokade ekonomi Belanda dan usaha perdagangan barter. Kementerian pertahanan juga membentuk perwakilannya di luar negeri yang disebut dengan Kementerian Pertahanan Usaha Luar Negeri (KPULN) yang dipimpin oleh Ali Jayeng Prawiro. Tugas pokok KPULN adalah membeli senjata dan perlengkapan angkatan perang. Tokoh yang terkenal dalam usaha menembus blokade adalah John Lie, O.P. Koesno, Ibrahim Saleh, dan Chris Pampenawas.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Keadaan ekonomi yang sangat sulit pada awal kemerdekaan semakin diperburuk dengan adanya blokade"