Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) yang diproklamasikan pada tanggal 25 April 1950 dan

Berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) yang diproklamasikan pada tanggal 25 April 1950 dan dipimpin oleh Mr. Dr. Christian Robert Steven Soumokil merupakan ancaman bagi keutuhan negara RIS. Bagaimana upaya pemerintah RIS untuk mengatasi masalah tersebut?

Jawab:

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah RIS menempuh beberapa langkah. Sebagai langkah awal, pemerintah RIS menempuh cara damai dengan mengirim Dr. J. Leimena. Namun misi tersebut ditolak oleh Soumokil, bahkan Soumokil minta bantuan, perhatian, serta pengakuan dari negara lain, terutama dari Belanda, Amerika Serikat, dan komisi PBB untuk Indonesia.

Usaha damai yang dilakukan oleh pemerintah RIS menemui jalan buntu. Pemerintah RIS memutuskan untuk melaksanakan ekspedisi militer. Ekspedisi militer dipimpin oleh Kolonel Kawilarang sebagai Panglima Tentara dan Teritorium Indonesia Timur. Pada awal November 1950 kota Ambon dapat dikuasai, tetapi dalam perebutan Benteng Nieuw Victoria, Letnan Kolonel Slamet Riyadi gugur.

Pada tanggal 12 Desember 1963, Soumokil baru dapat ditangkap, kemudian dihadapkan pada Mahkamah Militer Luar Biasa di Jakarta dan dijatuhi hukuman mati.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) yang diproklamasikan pada tanggal 25 April 1950 dan"