Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan secara singkat tahapan pembuatan lampu hias dari limbah bonggol jagung

Jelaskan secara singkat tahapan pembuatan lampu hias dari limbah bonggol jagung!

Jawab:

a. Jemur bonggol jagung sampai benar-benar kering di bawah sinar matahari.

b. Setelah kering, haluskan permukaan bonggol jagung menggunakan gerinda atau ampelas.

c. Setelah dihaluskan, ambil bonggol jagung, dipotong menggunakan gergaji kecil dengan ukuran 2–3 cm. Setelah itu, lubangi bagian tengahnya menggunakan bolpoin atau pensil dengan cara didorong.

d. Setelah dipotong dan dihaluskan, langkah berikutnya yaitu penyusunan bonggol jagung menjadi lampu tidur dengan menempelkan bonggol jagung satu sama lain menggunakan lem kayu yang ditambah dengan serbuk bonggol jagung sisa dari penghalusan tadi. Tujuannya agar bonggol jagung semakin kuat menempel satu sama lain

e. Sambil menunggu bonggol jagung yang sudah dilem satu dengan lainnya yang dicetak melingkar seperti kaleng, kemudian merangkai kabel dan lampu terlebih dahulu.

f. Setelah bonggol jagung kering, kemudian dilepaskan dari cetakan dan dirapikan kembali. Setelah dilepas dari cetakan, mulailah mewarnai bonggol jagung meng- gunakan melamin atau pernis.

g. Langkah selanjutnya, bonggol jagung yang sudah kering dari proses pewarnaan tadi mulai dirakit dengan kabel dan lampu yang sudah dibuat.

h. Setelah dirakit dan disatukan dengan kabel dan lampu, bonggol jagung ditempelkan pada tripleks yang sudah diberi alas yang cantik agar terlihat lebih menarik.

i. Lampu hias dari bonggol jagung siap digunakan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan secara singkat tahapan pembuatan lampu hias dari limbah bonggol jagung"