Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana cara memilih ikan cupang yang bagus

Bagaimana cara memilih ikan cupang yang bagus?

Jawab:

Berikut cara memilih ikan cupang yang bagus.

a. Pilih ikan yang ekornya lebar dan seritnya tebal, jangan yang tipis (karena jika tipis mudah terkena penyakit dan akibatnya seritnya akan menjadi keriting).

b. Bentuk ekor jika memungkinkan yang bisa berputar 180o (biasa disebut halfmoon) karena perkembangan ekornya akan memanjang (usahakan jangan memilih yang ekornya kurang lebar) sebab sewaktu ikan itu berkembang menjadi besar antara ekor dan siripnya ada celah sehingga kurang bagus.

c. Bentuk ekor seritnya harus sama dan rapi.

d. Letak ekor dengan badan ikan harus di tengah benar-benar seimbang, jangan agak menjorok ke atas.

e. Pilih ikan yang badannya besar, jangan yang memanjang karena jika memanjang pada saat ikan itu berkembang menjadi besar antara ekor dan siripnya akan ada celah (kurang rapat).

f. Pangkal ekornya harus tebal, jika tipis pada saat perkembangan ikannya tidak menambah lebar dari ekornya.

g. Pilih ikan yang sering/senang berenang di dasar atau tengah air karena kalau ikan yang sering berenang di atas kemungkinan ekor yang lebar tersebut urat dari seritnya akan patah.

h. Jika ikan yang kita sukai sering berenang di permukaan air, caranya agar ikan tersebut tidak berenang di atas adalah sekat yang digunakan untuk menutup akuarium ditutup setengah saja (dari atas ke tengah), jadi yang terlihat hanya dari bagian tengah ke bawah.

i. Jika memilih ikan warna kombinasi, sebisa mungkin warna di ekor dan di siripnya sempurna (tidak berantakan atau rapi).

j. Begitu pula bila memilih ikan warna dasar, jangan ada warna lain dari ikan tersebut, sebisa mungkin dasinya tersebut juga harus sama dengan warna ikannya. Biasanya ikan dalam kategori warna dasar dasinya berwarna merah.

k. Pilih ikan yang serit di sirip atau ekornya jangan ada yang transparan (Adhecyber peutua).

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Bagaimana cara memilih ikan cupang yang bagus"