Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Salah satu sumber energi alternatif yang telah dikembangkan di negara maju adalah nuklir. Jelaskan proses pembangkit listrik PLTN

Salah satu sumber energi alternatif yang telah dikembangkan di negara maju adalah nuklir. Jelaskan proses pembangkit listrik PLTN!

Jawab:

Prinsip kerja PLTN hampir mirip dengan cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar fosil lainnya. Jika PLTU menggunakan boiler untuk menghasilkan energi panasnya, PLTN menggantinya dengan reaktor nuklir. PLTN juga memiliki prinsip kerja yaitu di dalam reaktor terjadi reaksi fisik bahan bakar uranium sehingga menghasilkan energi panas, kemudian air di dalam reaktor dididihkan, energi kinetik uap air yang diperoleh dapat digunakan untuk memutar turbin sehingga menghasilkan listrik untuk diteruskan ke jaringan transmisi. PLTN itu aman menurut BATAN. Sistem keselamatan PLTN menjamin radiasi dan zat radioaktif yang dihasilkan dari reaksi nuklir tetap berada dalam reaktor nuklir. Selain itu, sistem pertahanan reaktor nuklir berlapis. Lapisannya itu sebagai berikut.

1. Dinding gedung reaktor

2. Bejana pengungkung

3. Dinding pelindung

4. Perisai biologis beton

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat

Jangan lupa komentar & sarannya

Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Salah satu sumber energi alternatif yang telah dikembangkan di negara maju adalah nuklir. Jelaskan proses pembangkit listrik PLTN"