Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan tingkatan band yang terdapat pada sistem pengindraan jauh!

Jelaskan tingkatan band yang terdapat pada sistem pengindraan jauh!

Jawab:

Berikut merupakan tingkatan band yang terdapat pada sistem pengindraan jauh.

  1. Band 1 (biru), band ini sering digunakan untuk mengamati unsur-unsur aquatic ecosystem.
  2. Band 2 (hijau), kualitas dari band ini tidak jauh berbeda dengan band 1. Band ini sering digunakan untuk mengamati kehijauan vegetasi.
  3. Band 3 (merah), oleh karena vegetasi menyerap semua cahaya merah, maka band ini digunakan untuk membedakan vegetasi dan tanah, serta digunakan untuk memonitor kesehatan vegetasi.
  4. Band 4 (near infrared), pada dasarnya air akan menyerap hampir semua radiasi elektromagnetik, maka unsur air akan tampak sangat gelap.
  5. Band 5 (SWIR), band ini bersifat sensitif terhadap kelembapan sehingga band ini dapat digunakan untuk memonitor kelembapan tanah dan vegetasi.
  6. Band 6 (LWIR, thermal infrared), band ini merupakan band termal yang berarti band ini digunakan untuk mengukur suhu permukaan. Selain itu, band ini juga diguna- kan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi geologi, tekanan suhu tumbuhan, serta membedakan unsur awan dan tanah yang ketampakannya cukup terang.
  7. Band 7 (SWIR), berguna untuk pengenalan terhadap mineral dan jenis batuan, juga sensitif terhadap kelembapan tumbuhan.

----------------#----------------

Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! 😁

Post a Comment for "Jelaskan tingkatan band yang terdapat pada sistem pengindraan jauh!"