Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lapisan atmosfer huruf B seperti gambar adalah .... dan manfaatnya ....

Lapisan atmosfer huruf B seperti gambar adalah .... dan manfaatnya ....

  A.   Troposfer, proses terbentuknya gejala-gejala cuaca
  B.    Stratosfer, melindungi bumi dari sinar ultraviolet
  C.    Mesosfer, membakar benda-benda angkasa
  D.   Termosfer, memantulkan gelombang radio
  E.    Ionosfer, membakar meteor

Pembahasan:
  1. Lapisan A termasuk ke dalam lapisan troposfer dengan ketinggian antara 0-12 km di atas permukaan bumi, pada lapisan ini terdapat gejala cuaca seperti awan, hujan, petir, angin. Oleh karena itu pada lapisan ini sangat besar pengaruhnya terhadap bumi.
  2. Lapisan B termasuk ke dalam lapisan stratosfer dengan ketinggian antara 12-60 km di atas permukaan bumi, lapisan ini memiliki konsentrasi ozon (O3) yang berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Lapisan C termasuk ke dalam lapisan mesosferdengan ketinggian antara 60- 80 km di atas permukaan bumi yang berfungsi sebagai pelindung bumi dari benda-benda angkasa seperti meteor.
  3. Lapisan D termasuk ke dalam lapisan thermosfer dengan ketinggian antara 80–100 km di atas permukaan bumi, lapisan ini memiliki ion-ion radiasi sinar X dan berfungsi dalam memantulkan gelombang radio.
  4. Lapisan E termasuk ke dalam lapisan eksosfer dengan ketinggian lebih dari 800 km di atas permukaan bumi, lapisan ini merupakan lapisan atmosfer bumi paling luar, pengaruh gaya gravitasi bumi pada lapisan ini sangat kecil, pada lapisan ini meteor mulai berinteraksi dengan susunan gas atmosfer bumi.
Jawaban: B

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Lapisan atmosfer huruf B seperti gambar adalah .... dan manfaatnya ...."