Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan utama Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah mengandung

Tujuan utama Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah mengandung dua aspek. Analisilah struktur tersebut!

Jawab:
Tujuan utama Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Dalam tujuan tersebut mengandung dua aspek yaitu sebagai berikut.

  1. Kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa. Kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa tecermin dalam laju inflasi. Inflasi berefek pada turunnya mata uang dan deflasi berefek pada perlambatan ekonomi suatu negara. Tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral yang paling utama adalah menjaga agar tingkat inflasi terkendali, terhindar dari deflasi, dan selalu berada pada nilai yang paling optimal bagi perekonomian. Untuk mengontrol keseimbangan jumlah uang yang beredar Bank Indonesia menggunakan instrumen moneter.
  2. Perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Perkembangan nilai tukar rupiah tecermin dari pertukaran terhadap nilai mata uang asing. Kebijakan nilai tukar yang ditempuh Bank Indonesia dalam rangka mengelola stabilitas nilai tukar rupiah agar sesuai dengan nilai fundamentalnya dengan tetap mendorong bekerjanya mekanisme pasar. Kebijakan nilai tukar dilakukan dalam rangka mengurangi gejolak yang muncul dari ketidakseimbangan permintaan dan penawaran di pasar valuta asing (valas), melalui intervensi valas dan dual intervention. Strategi dual intervention dilakukan melalui intervensi jual di pasar valas yang disertai dengan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) di pasar sekunder. Strategi dual intervention dilakukan untuk menjaga kestabilan nilai tukar dan sekaligus menjaga kecukupan likuiditas rupiah.


----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Tujuan utama Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah mengandung"