Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stabilitas sistem keuangan suatu negara berjalan dengan lancar atas kerjasama antara Bank Indonesia

Stabilitas sistem keuangan suatu negara berjalan dengan lancar atas kerjasama antara Bank Indonesia, OJK, dan LPS. Analisislah peranan Bank Indonesia, OJK, dan LPS dalam menjaga stabilitas sistem keuangan suatu negara!

Jawab:
Dalam menjaga stabilitas sistem keuangan, Bank Indonesia selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan otoritas lainnya yaitu OJK dan LPS.
  1. kerja sama dilakukan dengan prinsip kolaboratif meningkatkan efisiensi dan efektifitas,
  2. menghindari duplikasi, 
  3. melengkapi pengaturan sektor keuangan, dan 
  4. memastikan kelancaran pelaksanaan tugas Bank Indonesia dan OJK. 


Setiap otoritas membutuhkan data dari pelaku ekonomi di Indonesia untuk dapat merumuskan kebijakannya, termasuk dari perbankan yang merupakan pelaku utama sistem keuangan di Indonesia. Bank Indonesia berperan mengumpulkan informasi dari perbankan untuk dapat memenuhi tugas dan tanggung jawabnya dalam menjaga dan memelihara stabilitas di sektor moneter, makroprudensial, dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Otoritas Jasa Keuangan berkepentingan untuk tujuan pengawasan perbankan dalam mewujudkan industri jasa keuangan yang terpercaya serta melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Sementara Lembaga Penjamin Simpanan bertugas untuk mendapatkan data guna menjamin simpanan nasabah penyimpan dan merumuskan kebijakan dalam perannya sebagai otoritas resolusi.

----------------#----------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
Kunjungi terus: masdayat.net OK! :)

Post a Comment for "Stabilitas sistem keuangan suatu negara berjalan dengan lancar atas kerjasama antara Bank Indonesia"