Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan bahwa berkembangnya paham demokrasi merupakan faktor pendorong yang sangat

Terangkan bahwa berkembangnya paham demokrasi merupakan faktor pendorong yang sangat besar bagi para tokoh pergerakan kebangsaan untuk meraih kemerdekaan!

Jawab:
Berkembangnya paham demokrasi merupakan faktor pendorong yang sangat besar bagi para tokoh pergerakan kebangsaan untuk meraih kemerdekaan. Hal tersebut terlihat sejak tahun 1913, ketika para tokoh Indische Partij dan Sarekat Islam telah mengajukan tuntutan kepada pemerintah Hindia Belanda agar diberi kebebasan menyelenggarakan pertemuan-pertemuan politik dan menyatakan pendapat, hak memilih, serta hak menentukan nasib sendiri. Tuntutan tersebut dipenuhi oleh pemerintah Hindia Belanda dengan pembentukan Dewan Rakyat sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi politik rakyat kepada pemerintah kolonial. 

Dalam perkembangannya Dewan Rakyat tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga para pemimpin pergerakan menarik diri dari dewan tersebut dan memilih bersikap nonkooperatif dengan pemerintah Hindia Belanda. Pada tanggal 19 September 1939, GAPI (Gabungan Politik Indonesia) menuntut agar Belanda memperhatikan aspirasi rakyat Indonesia untuk membentuk pemerintahan sendiri dengan diberikan suatu perwakilan rakyat. GAPI melaksanakan kampanyenya di berbagai daerah tentang gagasan ”Indonesia Berparlemen”. Tujuannya menyadarkan rakyat akan pentingnya tujuan pembentukan tata negara demokratis di Indonesia.

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Post a Comment for "Terangkan bahwa berkembangnya paham demokrasi merupakan faktor pendorong yang sangat"