Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hormon ini aktif pada saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan. Pada saat itu hormon

Hormon ini aktif pada saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan. Pada saat itu hormon ini berkumpul di pucuk untuk menghambat pertumbuhan pucuk sehingga pengaruh lingkungan yang buruk dapat dikurangi. Hormon yang dimaksud adalah ….
   A.  Etilen
   B.   Sitokin
   C.   Giberelin
   D.  Asam absisat
   E.   Asam traumalin

Pembahasan:
Macam-macam hormon pada tumbuhan:

  1. Hormon Auksin : Hormon ini berfungsi untuk pertumbuhan dan penghambatan pertumbuhan, pembentukan bunga dan buah, dormansi, serta penuaan dan pengguguran.
  2. Hormon Giberelin : Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel serta merangsang aktivitas enzim amilase dan proteiase yang berperan dalam perkecambahan
  3. Hormon Sitokinin : Berfungsi untuk merangsang pembelahan sel, pembentukan tunas pada batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan mempercepat pertumbuhan memanjang
  4. Asam Traumalin : Hormon ini berfungsi untuk penutup luka bila tubuh tumbuhan terluka, seperti pada batang karet yang disadap, setelah beberapa saat akan terjadi penutupan luka meskipun tidak dapat kembali seperti semula.
  5. Asam Absisat : Berfungsi untuk menghambat pembelahan dan pemanjangan sel, menunda pertumbuhan atau dormansi, merangsang penutupan mulut daun di musim kering, dan membantu peluruhan daun pada musim kering.
Jadi hormon yang menghambat pertumbuhan pucuk sehingga pengaruh lingkungan yang buruk dapat dikurangi yaitu asam absisat.

Jawaban: D

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com 

Post a Comment for "Hormon ini aktif pada saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan. Pada saat itu hormon"