Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terangkan latar belakang munculnya renaisans!

Terangkan latar belakang munculnya renaisans!

Jawab:
Faktor pendorong munculnya renaisans antara lain seperti kemajuan pesat dalam bidang perdagangan dan pelayaran. Selain itu, juga munculnya golongan humanis mendorong berkembangnya semangat renaisans. Golongan humanis menentang berbagai pembatasan yang ditetapkan pemerintah atas saran pihak gereja. Menurut Ensiklopedia Sejarah dan Budaya Jilid 3, kemunculan renaisans pada abad XV berawal dari ketertarikan kembali masyarakat Eropa pada filsafat dan kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno.
Para pemikir Eropa pada waktu itu menemukan bahwa berbagai filsafat kuno mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang tidak terjawab oleh pihak gereja. Pemikiran yang terus berkembang tersebut akhirnya melahirkan humanisme. 

Humanisme merupakan paham yang menganggap bahwa manusia berhak dan bertanggung jawab atas pilihan hidup mereka. Masyarakat pada masa renaisans menganggap kebudayaan Yunani dan Romawi Kuno lebih menghargai perbedaan pemikiran. Oleh karena itulah, mereka tertarik untuk membangkitkan kembali kebudayaan Romawi Kuno dan Yunani Kuno.

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com

Post a Comment for "Terangkan latar belakang munculnya renaisans!"