Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jelaskan proses yang terjadi pada reaksi glikolisis!

Jelaskan proses yang terjadi pada reaksi glikolisis!

Pembahasan:
Berikut proses yang terjadi pada reaksi glikolisis.

  1. Tahap pertama, glukosa akan diubah menjadi glukosa 6-fosfat oleh enzim heksokinase. Tahap ini membutuhkan energi dari ATP (adenosin trifosfat). ATP yang telah melepas- kan energi yang disimpannya akan berubah menjadi ADP.
  2. Glukosa 6-fosfat akan diubah menjadi fruktosa 6-fosfat yang dikatalisis oleh enzim fosfoglukoisomerase.
  3. Fruktosa 6-fosfat akan diubah menjadi fruktosa 1,6-difosfat, reaksi ini dikatalisis oleh enzim fosfofruktokinase. Dalam reaksi ini dibutuhkan energi dari ATP.
  4. Fruktosa 1,6-difosfat (6 atom C) akan dipecah menjadi gliseraldehida 3-fosfat (3 atom C) dan dihidroksi aseton fosfat (3 atom C). Reaksi tersebut dikatalisis oleh enzim aldolase.
  5. Satu molekul dihidroksi aseton fosfat yang terbentuk akan diubah menjadi gliseraldehida 3-fosfat oleh enzim triosafosfat isomerase. Enzim tersebut bekerja bolak-balik, artinya dapat pula mengubah gliseraldehida 3-fosfat menjadi hidroksiaseton fosfat.
  6. Gliseraldehida 3-fosfat kemudian akan di- ubah menjadi 1,3-difosfogliserat oleh enzim gliseraldehida 3-fosfat dehidrogenase. Pada reaksi ini akan terbentuk NADH.
  7. 1,3-difosfogliserat akan diubah menjadi 3-fosfogliserat oleh enzim fosfoglisero- kinase. Pada reaksi ini akan dilepaskan energi dalam bentuk ATP.
  8. 3-fosfogliserat akan diubah menjadi 2-fosfo-gliserat oleh enzim fosfogliseromutase.
  9. 2-fosfogliserat akan diubah menjadi fosfoenol piruvat oleh enzim enolase.
  10. Fosfoenol piruvat akan diubah menjadi piruvat yang dikatalisis oleh enzim piruvat kinase. Dalam tahap ini juga dihasilkan energi dalam bentuk ATP.

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com 

Post a Comment for "Jelaskan proses yang terjadi pada reaksi glikolisis!"