Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana prinsip alat penangkal petir

Petir merupakan salah satu gejala listrik statis yang dapat mengalirkan energi listrik yang besar. Petir dapat membahayakan kehidupan manusia. Oleh karena itu, banyak yang menanggulangi bahaya petir dengan alat penangkal petir. Bagaimana prinsip alat penangkal petir tersebut?

Pembahasan:
Saat muatan listrik negatif di bagian bawah awan sudah tercukupi, muatan listrik positif di tanah akan segera tertarik. Muatan listrik dapat merambat naik melalui kabel konduktor, menuju ke ujung batang penangkal petir.

Ketika muatan listrik negatif berada cukup dekat di atas atap. Daya tarik-menarik antara kedua muatan semakin kuat, muatan positif di ujung ujung penangkal petir tertarik ke arah muatan negatif. Pertemuan kedua muatan menghasilkan aliran listrik. Aliran listrik itu akan mengalir ke dalam tanah melalui kabel konduktor, dengan demikian sambaran petir tidak mengenai bangunan. Akan tetapi sambaran petir dapat merambat ke dalam bangunan melalui kawat pada jaringan listrik dan bahayanya dapat merusak alat elektronik di bangunan yang terhubung ke jaringan listrik itu, selain itu juga dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan. Untuk mencegah kerusakan akibat jaringan listrik tersambar petir, biasanya di dalam bangunan dipasangi alat yang disebut yang stabil arus listrik (surge arrestor).

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Bagaimana prinsip alat penangkal petir"