Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus menstruasi terdiri dari fase menstruasi, fase proliferasi, dan fase sekresi. Pada fase apakah peristiwa ovulasi terjadi

Siklus menstruasi terdiri dari fase menstruasi, fase proliferasi, dan fase sekresi. Pada fase apakah peristiwa ovulasi terjadi? Jelaskan fase tersebut beserta hormon yang berperan!

Jawab:
Peristiwa ovulasi terjadi pada fase proliferasi. Fase proliferasi sering kali disebut fase estrogenik. Hal ini disebabkan pada fase ini prosesnya dikendalikan oleh hormon estrogen. Fase ini mulai terjadi pada hari kelima hingga hari keempat belas dari siklus menstruasi. Setelah haid terjadi bagian hipofisis anterior akan menyekresikan FSH. FSH memengaruhi proses pertumbuhan dan pemasakan ovum dan folikel Graaf memacu pembentukan hormon estrogen. Hormon estrogen kemudian memengaruhi uterus untuk membangun endometrium sehingga rahim mengalami penebalan hingga 5–7 cm. Dengan dihasilkannya estrogen, pengeluaran FSH akan dihambat, sedangkan LH dirangsang untuk diproduksi. Dengan pecahnya folikel Graaf, ovum akan dilepaskan keluar dan terjadilah ovulasi. Proses ini terjadi pada hari ke-14 setelah siklus menstruasi.

------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375


Post a Comment for "Siklus menstruasi terdiri dari fase menstruasi, fase proliferasi, dan fase sekresi. Pada fase apakah peristiwa ovulasi terjadi"