Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kutipan 1 Sang fajar perlahan-lahan mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur, matahari terlihat lebih cerah

Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
Kutipan 1
Sang fajar perlahan-lahan mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur, matahari terlihat lebih cerah hari ini, seolah menandakan senyuman bahagia setelah gelap menyelimuti.  Seperti biasa pukul 06.00  aku sudah berpamitan pada ibuku, siap duduk di jok belakang berlindung di balik punggung ayahku. Sampai di gerbang madrasah, suasana sudah cukup ramai dengan lalu lalang siswa dan siswi yang akan kembali menimba ilmu. Ada yang mengagetkan hari ini. Kaget bukan karena nilai ujian tiba-tiba anjlok, atau kaget karena digertak teman yang biasa usil di kampus. Tapi kaget dengan penampilan Alfia yang berubah 360 derajat.

Kutipan 2
Namaku adalah Ikbal, usiaku 14 tahun. Aku bermukim di salah satu Pesantren Pasuruan untuk menuntut ilmu agama. Setiap tanggal 20 Ramadan aku melepas rindu menemui keluargaku, di kampung halaman tempat aku dilahirkan. Dan di tanggal 14 Syawal Aku harus kembali lagi, meninggalkan semua kesukaannku; mulai dari handphone, laptop, sepeda, play station dan lain sebagainya, termasuk juga keluargaku. Hari ini adalah 14 Syawal, waktu paling membuatku galau tapi membuatku senang juga karena ingin segera bertemu kawan lama.

Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah….
A.    Kutipan 1 dikembangkan dari deskripsi latar, kutipan 2 dikembangkan dari pengenalan konflik
B.    Kutipan 1 dikembangkan dari deskripsi waktu, kutipan 2 dikembangkan dari pengenalan watak
C.    Kutipan 1 dikembangkan dari deskripsi latar, kutipan 2 dikembangkan dari pengenalan tokoh
D.   Kutipan 1 dikembangkan dari pengenalan tokoh, kutipan 2 dikembangkan dari deskripsi latar
E.    Kutipan 1 dikembangkan dari pengenalan tokoh, kutipan 2 dikembangkan dari pengenalan konflik

Pembahasan:
Perbedaan kedua kutipan tersebut adalah kutipan 1 dikembangkan dari deskripsi latar, kutipan 2 dikembangkan dari pengenalan tokoh

Jawaban: C
------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Kutipan 1 Sang fajar perlahan-lahan mulai menampakkan sinarnya dari ufuk timur, matahari terlihat lebih cerah"