Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cermati paragraf berikut! Pada saat membawa kendaraan di jalan raya, orang dengan mudah mengabaikan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan di jalan raya. Seseorang akan lebih mudah mengabaikan kepentingan orang lain dengan mengenyampingkan adanya sikap torelansi dan kehati-hatian di jalan raya, hanya karena diburu waktu dan ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat.

Cermati paragraf berikut!
Pada saat membawa kendaraan di jalan raya, orang dengan mudah mengabaikan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan di jalan raya. Seseorang akan lebih mudah mengabaikan kepentingan orang lain dengan mengenyampingkan adanya sikap torelansi dan kehati-hatian di jalan raya, hanya karena diburu waktu dan ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat.

Banyak bermunculan model kendaraan dengan sistem canggih dan berbagai inovasi dalam bidang pengembangan alat transportasi membuat orang berlomba-lomba membeli kendaraan. Perkembangan pesat penjualan motor di Indonesia sebagai pilihan praktis dan efisien bagi masyarakat Indonesia menempatkan posisi pengendara ini sebagai pihak yang paling rawan untuk menjadi korban dalam sebuah kecelakaan karena ugal-ugalan. Selain itu, melihat perkembangan faktor sosial budaya di Indonesia, pola pikir masyarakat yang praktis pragmatis dalam berkendaraan di jalan raya juga telah melahirkan masyarakat instan saat berkendara. Masyarakat instan ini kemudian mendorong lunturnya etika dalam berkendara di jalan raya.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A.    Perkembangan berbagai perangkat keselamatan canggih dalam kendaraan menyebabkan jumlah kecelakaan dan kerugian immateriel meningkat.
B.    Jalan raya dapat menjadi ladang pembunuhan bagi manusia modern karena tidak dapat dipisahkan dari pergerakan yang dinamis.
C.    Munculnya kendaraan  memengaruhi terjadinya peningkatan jumlah kecelakaan di jalan setiap tahun.
D.   Faktor kesalahan manusia dalam berkendara di jalan raya merupakan penyebab kecelakaan tertinggi yang berkaitan erat dengan etika berkendara di jalan raya.
E.    Tuntutan global di tengah persaingan yang semakin kompetitif diakui keberadaannya dengan kepemilikan kendaraan yang modern.

Pembahasan:
Kesimpulan yang tepat untuk teks di atas yaitu Faktor kesalahan manusia dalam berkendara di jalan raya merupakan penyebab kecelakaan tertinggi yang berkaitan erat dengan etika berkendara di jalan raya.

Jawaban: D
------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Cermati paragraf berikut! Pada saat membawa kendaraan di jalan raya, orang dengan mudah mengabaikan prinsip kehati-hatian dan kewaspadaan di jalan raya. Seseorang akan lebih mudah mengabaikan kepentingan orang lain dengan mengenyampingkan adanya sikap torelansi dan kehati-hatian di jalan raya, hanya karena diburu waktu dan ingin menyelesaikan segala sesuatu dengan cepat."