Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja bagian-bagian sel saraf? Jelaskan masing-masing fungsinya!

Apa saja bagian-bagian sel saraf? Jelaskan masing-masing fungsinya!

Jawab:
  1. Badan sel adalah bagian sel saraf yang merupakan tempat melekatnya akson dan dendrit. Fungsi badan sel adalah untuk menerima impuls (rangsangan) dari dendrit dan meneruskannya ke neurit (akson).
  2. Dendrit adalah bagian sel saraf yang merupakan percabangan pendek tempat impuls saraf masuk ke dalam sel. Fungsi dendrit adalah untuk menerima dan menghantarkan rangsangan ke badan sel.
  3. Inti sel (nukleus) adalah inti sel saraf yang berfungsi sebagai pengatur kegiatan sel saraf (neuron). Di dalam inti sel juga terdapat kromosom dan DNA yang berfungsi mengatur sifat keturunan dari sel tersebut.
  4. Akson atau neurit adalah serabut sel saraf panjang yang merupakan penjuluran sitoplasma badan sel. Akson berperan dalam menghantarkan impuls dari badan sel menuju efektor, seperti otot dan kelenjar.
  5. Selubung mielin adalah selaput pembungkus neurit. Fungsi selubung mielin adalah untuk melindungi neurit dari kerusakan dan men- cegah impuls bocor.
  6. Sel Schwann adalah sel yang mengelilingi selubung mielin. Fungsi sel Schwann adalah untuk mempercepat jalannya impuls, membantu menyediakan makanan untuk neurit, dan membantu regenerasi neurit.
------------#------------
Semoga Bermanfaat
Jangan lupa komentar & sarannya
Email: nanangnurulhidayat@gmail.com
WA /LINE : 081 669 2375

Post a Comment for "Apa saja bagian-bagian sel saraf? Jelaskan masing-masing fungsinya!"